Friday, January 27, 2012

OBRAL [Obrolan Rabu Malam] Januari 2012: Get Published! – A Review

Sebuah diskusi mengenai menulis dan bagaimana karya tulis/buku anda dapat diterbitkan dengan Windy Ariestanty sebagai pembicara. Penulis buku “Life Traveler” yang bergenre Travelogue, dan juga Editor In Chief Gagas Media dan Bukune.





Saya akan coba untuk berbagi apa yang saya dapatkan dari OBRAL ini. Anda bisa menulis di blog, twitter, notes di facebook dan lain-lain, tetapi hingga saat ini, buku masih merupakan media yang diakui oleh orang-orang kebanyakan sebagai suatu pencapaian tersendiri.

Pembicaraan atau transfer ilmu ini dimulai dengan bagaimana buku yang diterbitkan di Indonesia masih minim dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan (saya merasa perlu meriset ini kembali) dan mengajak kami-kami yang mendengarkan untuk menulis, dan yang lebih penting, mengirimkan naskah ke penerbit. Apakah trik-triknya? (orang-orang biasanya suka jika ada tips dan trik)

Jadi apakah yang harus anda lakukan?

Pertama-tama tentu anda harus memiliki ide yang menarik, dan menuliskannya dengan cara yang tepat, yang akan membuat anda sendiri, penerbit, dan pembaca, menganggap tulisan anda layak untuk dikonsumsi. Tema yang anda tulis dapat berupa apa saja, tetapi harus bisa menarik perhatian pasar dan juga penerbit untuk mau menerbitkannya.

Mulai merasa takut? Mulai berpikir anda tidak cukup baik? Jangan berhenti sebelum anda mencoba. Jika anda merasa bahwa anda memiliki sesuatu untuk dibagi pada orang-orang, tetaplah menulis. Bahkan penulis-penulis besar pun, memulainya dari nol. Nah, jadi pastikan anda tidak berkecil hati sebelum mencobanya, karena semua orang bisa menulis, dan bisa melatih dirinya untuk menjadi penulis yang baik.

Langkah selanjutnya, menurut Windy, adalah mencari penerbit yang tepat. Menurutnya, memilih penerbit mungkin sama seperti memilih pacar J, apa yang harus anda lakukan adalah melakukan riset mengenai apa saja track record dari penerbit-penerbit tersebut, apakah tulisan anda akan dapat diterima dan sesuai dengan genre buku-buku yang mereka terbitkan, apa saja ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi, dan keuntungan apa yang anda bisa dapatkan di penerbit yang satu dibandingkan yang lain.
Setelah merasa menemukan penerbit yang tepat, apa lagi yang harus anda lakukan? Segeralah kirimkan naskah anda, dengan memastikan bahwa hal-hal berikut terpenuhi: (1) ketiklah naskah anda, sebagus apapun tulisan tangan anda, pada akhirnya anda akan harus mengetiknya ulang, jadi hematlah waktu anda dan penerbit dengan mengetiknya dengan baik; (2) mencantumkan synopsis dari naskah anda, tidak perlu panjang, cukup 1 halaman saja, karena editor membaca keseluruhan naskah setelah membaca sinopsisnya; (3) Tunjukkan kekuatan dari naskah anda, kemukakanlah apa yang membuatnya layak untuk diterbitkan, baik dari tema ataupun hal-hal lain yang membuatnya unik;

(4) packaging, pastikan anda menjilid naskah anda dengan baik, dan mungkin juga membuatnya lebih ‘eye-catchy’ sehingga akan menarik perhatian editor, di antara tumpukan naskah-naskah lain; (5) Hal yang esensial namun kadang terlupa, cantumkan nama, alamat, nomor telp, dan hal-hal lain yang membuat penerbit dapat menghubungi anda, jika tidak, siapa yang harus dihubungi penerbit?; (6) Judul, naskah yang baik sebaiknya juga diberi judul atau pilihan-pilihan judul, karena jika anda tidak member judul untuk karya anda sendiri, siapa yang akan memberinya?; selanjutnya (7) hubungi editor di waktu yang tepat, ini lebih ke bagaimana anda menghargai waktu seseorang, dan juga akan memengaruhi mood editor anda, telepon pada jam 8 pagi, jam makan siang, dan di luar jam kerja, mungkin akan mendapatkan tanggapan yang berbeda. Selamat mencoba!

Wah, semoga anda belum mulai bosan ya, sepertinya ini menjadi terlalu panjang. Tapi selanjutnya saya akan mencoba untuk memberikan beberapa insight yang saya dapatkan. Hal ini adalah mengenai apa yang harus anda tulis, dan mengapa.

1.       Tema yang kuat, sebuah tulisan akan menarik perhatian orang dan disukai apabila tema yang diangkat adalah hal yang unik dan menangkap minat pembaca.

2.       The ‘it’ topic, apakah yang sedang ramai dibicarakan orang atau dibahas di berbagai kalangan? Hal tersebut dapat menjadikan apa yang anda tulis menjadi bagian dari apa yang sedang terjadi dan merangkul orang-orang untuk membacanya.

3.       Kebutuhan pasar, untuk memenuhi kebutuhan baca dari masyarakat, anda perlu tahu terlebih dahulu, apakah trend buku-buku yang sedang beredar, apakah yang orang-orang butuhkan saat ini, dan bagaimana anda dapat memenuhinya.

4.       Well-written, ditulis dengan baik, dengan banyaknya buku yang beredar, beberapa terkesan mencontoh dan mengikuti trend dari buku-buku sebelumnya yang sudah ada, hal yang membantu buku anda untuk member kesan beda adalah cara penulisan yang baik dan mengalir, yang membuat pembaca dapat tenggelam dalam tulisan anda dan merasa menjadi bagian darinya.

Bagaimana, apakah ini sudah cukup membantu, menggugah anda untuk mulai menulis?

Jika ya, berarti saya cukup berhasil mentransfer apa yang diberikan oleh Windy, untuk membuat anda “Get Published!”

Jika tidak, saya akan coba lagi J

Niki, Denpasar-Bali

No comments:

Post a Comment